Dishub Lakukan Sosialisasi Raperda Terhadap Pengelolaan Terminal Tipe B

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pada 20 Juni 2023, Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan DIY, melakukan sosialisasi Raperda Pengelolaan Terminal Angkutan Jalan Tipe B di Aula Dinas Perhubungan DIY.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Agnes Dhiany Indria Sari S.E., M,M. “Tujuan diadakannya sosialisasi ini yaitu sebagai upaya pemerintah untuk mengoptimalkan penyediaan pelayanan di terminal, serta mempublikasikan dan memfasilitasi peran serta masyarakat dalam pengelolaan terminal sebagai bentuk komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat” Ungkap Agnes Dhiany Selaku kepala Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan DIY.

Sebagai upaya pemerintah untuk mengoptimalkan penyediaan pelayanan di terminal, maksud dari kegiatan ini juga sebagai bentuk komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga apabila kedepan akan dilakukan pembangunan di terminal, masyarakat telah bersiap dan telah memahami aturan terkait sehingga
tidak akan timbul konflik sosial.

Selain itu, Mukhammad Rizka Fahmi Amrozi, S.T., M.Sc., P.h.D. selaku Akademisi UGM, menyampaikan mengenai urgensi dari Raperda, yaitu sebagai upaya mengoptimalisasikan penyediaan fasilitas di terminal tipe B dan sebagai payung hukum pelaksanaan pengelolaan terminal. Selain itu, menekankan fungsi utama dan fokus terminal tipe B, Zona pelayanan dan kegiatan di terminal, serta peran-peran masyarakat ketika berada di terminal.

Perwakilan Korsatpel Terminal Titronadi mengatakan bahwa dalam pengembangan terminal tipe B di DIY yang patut untuk dijadikan sebagai contoh adalah Terminal Tipe A Tirtonadi yang telah menjadi terminal intermoda untuk pelayanan masyarakat serta telah merangkul pihak ke-3 seperti taksi online dan lainnya, upaya ini dilakukan agar tidak sampai terjadi kesenjangan satu sama lain. Fasilitas penunjang Terminal Tirtonadi juga sangat memadai seperti: ruang tunggu, fasilitas kesehatan, toilet umum, ATM Center, ruang laktasi, pos polisi, fasilitas peribadatan. Inovasi-inovasi layanan terminal yang tengah di upayakan yaitu berupa kerja sama lintas OPD, BUMN, dan swasta.


© 2024 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.