Accessibility Tools

Pemda DIY Raih Wahana Tata Nugraha 2024, Jadi Motivasi Dishub DIY untuk Tingkatkan Kualitas Transportasi Publik

User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Yogyakarta - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) yang telah meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) sebagai provinsi terbaik dalam pengelolaan sistem transportasi publik.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) diterima langsung oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub DIY, Rizki Budi Utomo dalam acara Hub Space yang digelar di JI. Expo Kemayoran, Jakarta, pada Sabtu (7/9/2024).

Rizki Budi Utomo menyatakan bahwa penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN )Wiratama diraih berkat kinerja Dinas Perhubungan yang mendapat dukungan dari berbagai pemangku kepentingan dalam pengelolaan transportasi publik dan lalu lintas.

“Ini berkat dari koordinasi kita semua di tingkat kabupaten/kota dan juga Dinas Perhubungan DIY serta stakeholder yang lain,” ungkapnya pada Apel Pagi Dishub DIY pada Senin (9/9/2024).

Rizki berharap dapat mempertahankan penghargaan ini dengan cara bersinergi dengan Dinas Perhubungan Kabupate/Kota untuk menata transportasi DIY.

“Tantangan kedepan, harus kita pertahankan anugerah WTN ini sehingga, kita perlu bersama-sama berkoordinasi lagi dalam penataan transportasi khususnya di DIY dan juga di kabupaten kota menuju ke transportasi yang lebih berkelanjutan,” ujarnya.

Tidak hanya provinsi, salah satu kabupaten di DIY, yakni Kota Yogyakarta, juga berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha.

Penghargaan Wahana merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Perhubungan kepada daerah yang dinilai berhasil dalam menata dan mengelola sistem transportasi publik. Dengan diraihnya penghargaan ini, DIY semakin membuktikan komitmennya dalam mewujudkan sistem transportasi yang berkualitas dan berkelanjutan.

WTN diberikan setiap dua tahun sekali, dan pada tahun 2024, sebanyak 108 pemerintah daerah kabupaten/kota mengikuti penilaian, dengan 61 di antaranya dinyatakan memenuhi kriteria terbaik dalam penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan.

Penilaian WTN dilakukan oleh tim yang melibatkan Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, kepolisian, akademisi, dan pakar transportasi publik. Selain Provinsi Jawa Barat, penghargaan WTN Wiratama juga diberikan kepada Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, DIY, Jambi, Aceh, Bangka Belitung, dan Lampung.***


© 2024 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.