Pelajar Pelopor Dishub DIY 2024

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

LATAR BELAKANG

Keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan adalah suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan dan/atau lingkungan.

Kecelakaan lalu lintas jalan yang sering terjadi selama ini banyak diakibatkan karena kelalaian dan ketidak disiplinan pengguna jalan terhadap aturan lalu lintas yang ada. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa korban kecelakaan lalu lintas banyak terjadi pada usia remaja atau para pelajar sekolah, sehingga diperlukan adanya upaya untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan, keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan bagi kalangan pelajar.
Terkait dengan hal tersebut di atas maka perlu dilakukan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sesuai dengan Deklarasi Genewa
The World Youth Assembly for Road Safety tanggal 23-24 April 2007, bahwa pemuda serta pelajar menjadi duta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Salah satu upaya Pemerintah Republik Indonesia dalam menurunkan tingkat kecelakaan adalah melalui program Pendidikan dan Pelatihan Keselamatan, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif pada pembentukan perilaku para pelajar SMA sederajat untuk berbudaya tertib lalu lintas yang nantinya akan menjadi “Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”. Kegiatan dimaksud adalah proses penilaian atau seleksi terhadap para pelajar SMA dan/atau sederajat dalam upaya peningkatan keselamatan LLAJ.
Adanya momentum kegiatan ini menunjukkan kepedulian Pemerintah terhadap peningkatan keselamatan berlalulintas di jalan bagi para pelajar sekolah. Pemerintah Republik Indonesia telah menyusun kebijakan Rencana Umum Nasional Keselamatan
(RUNK) Jalan dalam bentuk Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Dekade Aksi Keselamatan Jalan. Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2021 – 2040 disusun dengan latar belakang kondisi lapangan yang seringkali tidak sejalan dengan salah satu prinsip penyelenggaraan transportasi yaitu keselamatan. Sejalan dengan kebijakan tersebut, untuk membangun dan mewujudkan budaya berkeselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar Pemerintah mengeluarkan regulasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 52 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

JADWAL PELAKSANAAN

Pelaksanaan pemilihan dijadwalkan sbb:

  1. Pengumpulan Karya Tulis Ilmiah : 1 Juni – 15 Juli 2024
  2. Seleksi 20 Terbaik Karya Tulis Ilmiah : 16 – 26 Juli 2024
  3. Pengumuman 20 Terbaik Karya Tulis Ilmiah : 29 Juli 2024
  4. Persiapan Paparan Karya Tulis Ilmiah : 5 – 9 Agustus 2024
  5. Penilaian Karya Tulis Ilmiah : 12 Agustus 2024 (*)
  6. Pengumuman Pemenang Pelajar Pelopor : 12 Agustus 2024 (*)

(*) jadwal kegiatan dapat berubah sewaktu – waktu

TEMA PEMILIHAN PELAJAR PELOPOR

Pelaksanaan pemilihan dijadwalkan sbb:

  1. Pengembangan dan/atau Perencanaan Teknologi Hijau dalam Transportasi Jalan;
  2. Kampanye dan Edukasi Berkeselamatan Jalan (Faktor Sosial, Psikologis, dan Sosial Media);
  3. Inovasi Pengembangan Insfrastruktur Perkotaan dalam Upaya Mangurangi Angka Kecelakaan di Jalan.

PENDAFTARAN

Petunjuk Teknis & Form pendaftaran :

Untuk info yang kurang jelas, bisa langsung hubungi Contact Person 


© 2024 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.