Meluncur! KA Trans Jateng-DIY Resmi Beroperasi Hari Ini

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Solo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan KA Joglosemarkerto hari ini. Kini rute Solo, Yogyakarta, Purwokerto dan Semarang bisa dilewati hanya dengan satu kereta.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pemecahan kendi oleh Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI, Bambang Eko Martono di Stasiun Balapan, Solo. Mereka lalu bersama-sama menjajal KA Joglosemarkerto.

Bambang Eko Martono menjelaskan bahwa KA ini merupakan gabungan dari dua KA. Sebelumnya Solo-Yogyakarta-Purwokerto dihubungkan dengan KA Joglokerto, sedangkan Semarang-Purwokerto dihubungkan dengan KA Kamandaka.

"Sekarang istilahnya loop, jadi rutenya memutar, Solo-Yogyakarta-Purwokerto-Semarang-Solo. Tidak usah transit lagi," katanya di sela-sela acara peresmian.

KAI menyiapkan tiga rangkaian KA Joglosemarkerto dengan tiga titik pemberangkatan, yakni Solo Balapan, Semarang Tawang dan Purwokerto. Satu rangkaian terdiri dari 100 kursi eksekutif dan 560 kursi ekonomi.

"Tarif kelas ekonomi Rp 35 ribu sampai Rp 130 ribu. Kelas eksekutif Rp 60 ribu sampai Rp 225 ribu. Dua pekan pertama kami diskon 10 persen," ujarnya.

Salah satu penumpang, Indah, mengaku senang dengan kehadiran KA Joglosemarkerto. Kini dia bisa pulang kampung ke Tegal tanpa transit.

"Sekarang pilih naik Joglosemarkerto, karena bisa langsung ke Tegal lewat Semarang. Tarifnya lebih murah," ujarnya.
(bai/sip)

sumber : news.detik.com


© 2024 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.