Dishub DIY Laksanakan Kerja Bakti, Bakti Sosial, hingga Kampanye Tertib Lalu Lintas dalam Rangka Harhubnas 2023

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

YOGYAKARTA, 1 SEPTEMBER 2023 - Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan kerja bakti, kampanye tertib lalu lintas, dan bakti sosial dalam rangkaian acara Hari Perhubungan Nasional 2023, Jumat (1/9/2023).

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh sebagian pegawai Dishub DIY yang terbagi ke dalam lima tim, yaitu Tim A, Tim B, Tim C, Tim D, dan Tim E. Mereka melaksanakan kegiatan di lima lokasi yang berbeda.

Kegiatan dimulai dengan apel pagi di halaman Kantor Dishub DIY dengan mendengarkan arahan dari Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub DIY, Rizki Budi Utomo, dan sambutan dari Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat
Amirulloh pada Pukul 07.30 - 08.00 WIB.

"Mari kita gelorakan semangat Hari Pehubungan Nasional dengan menjadi insan perhubungan yang membanggakan," pesan Amirulloh.

Lima tim lantas mengendarai kendaraan masing-masing menuju titik yang telah ditentukan. Tim A yang terdiri dari sejumlah pegawai Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas III Yogyakarta melaksanakan kerja bakti di Ring Road Timur, mulai dari Simpang Blok O hingga Simpang Giwangan. Sementara itu, Tim B melaksanakan kegiatan kerja bakti berupa bersih rambu di Jalan (Jl) Jenderal Sudirman, mulai dari Simpang McD hingga Tugu Pal Putih Yogyakarta.

Tim C juga melaksanakan bersih rambu di Jl. Jenderal Sudirman mulai dari Simpang Mall Galeria hingga simpang Gramedia. Selain kerja bakti, sebagian anggota Tim B dan Tim C juga menggelar kampanye tertib lalu lintas berupa gelar banner di depan pengendara yang berhenti saat lampu merah Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) menyala di berbagai persimpangan tersebut.

Di samping itu, tim dari Dishub DIY juga melaksanakan bakti sosial berupa pembagian nasi boks sebanyak 100 paket kepada masyarakat kurang mampu, di antaranya tukang becak kayuh, tukang parkir, serta loper koran yang sedang bekerja di jalanan.

Sama seperti Tim B dan Tim C, Tim D dan Tim E juga melaksanakan bersih rambu, kampanye tertib lalu lintas berupa gelar banner, serta bakti sosial di tempat yang berbeda.

Tim D terjun ke kawasan Jl. Laksda Adisutjipto, mulai dari Simpang Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga hingga Simpang Demangan.Sedangkan Tim E bertugas di kawasan Jl. Laksda Adisutjipto, mulai dari Simpang Maguwo hingga Simpang Janti.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Angkutan, Raden Sigit Wahyu Wibowo, dari Tim D yang turut melaksanakan bersih rambu lalu lintas mengungkapkan sejumlah kendala yang dihadapi tim dalam membersihkan rambu.

"Banyak rambu-rambu yang ditempeli iklan oleh masyarakat, serta anak-anak yang mencorat-coret menggunakan pylox," ungkap Sigit.

Ia juga menyayangkan sejumlah atribut partai politik yang terpasang di tiang hingga menutupi rambu yang terpasang.

Tak hanya membersihkan papan rambu lalu lintas, tim Dishub DIY juga menegakkan tiang rambu yang bengkok hingga menyingkirkan sejumlah atribut partai politik yang menutupi rambu tersebut.

Sigit menyebut, kegiatan bersih rambu ini baik dilakukan, tak hanya dalam rangka Harhubnas 2023, namun juga hari-hari biasa lainnya.

Menurut Bapak Sumariyoto selaku PLH Kepala Dinas Perhubungan DIY saat ditemui menyampaikan bahwa “Sebetulnya tidak cukup dengan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) saja kita membersihkan rambu karena rambu itu adalah fasilitas umum yang bersifat aturan.”

“Bagaimana aturan itu bisa berfungsi kalau rambunya kotor atau dicoret. Maka momen Harhubnas itu kita manfaatkan untuk bersama-sama menggiatkan kembali semangat dan insan perhubungan memiliki aset yang harus terus dipelihara berupa fasilitas perlengkapan jalan yang harus dijaga fungsinya dengan baik,” ujarnya menambahkan.

Kegiatan bersih rambu sebagai upaya untuk mengajak seluruh elemen masyarakat terutama pengguna jalan untuk mematuhi aturan berupa rambu yaitu fasilitas yang berlaku sebagai tata tertib.


© 2024 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.