Sejarah Singkat Dinas Perhubungan

Dinas Perhubungan DIY mempunyai tugas membantu Gubernur melaksanakan urusan pemerintahan dibidang perhubungan. Dinas Perhubungan adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah dibidang perhubungan yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah. Dinas Perhubungan DIY berlokasi di Jl. Babarsari No.30, janti, Caturtunggal, kec Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Bentuk awal Departemen Perhubungan yang lahir dalam kancah perjuangan adalah gabungan antara Departemen Perhubungan dan Departemen Pekerjaan Umum, yang dipimpin oleh seorang Menteri Abikusno Tjokrosuyoso.

Namun hal ini tidak berlangsung lama, karena Departemen Perhubungan dan Departemen Pekerjaan Umum tidak lagi dijabat oleh orang yang sama. Urusan perhubungan dan pekerjaan umum kini berada di bawah dua pejabat yang berbeda yaitu Kementrian Perhubungan dipimpin oleh Ir. Abdulkarim dan Kementrian Pekerjaan Umum di bawah pimpinan Ir. Putuhena.

Sesuai dengan nama yang disandangnya, Departemen Perhubungan mengurusi masalah perhubungan. Keinginan Belanda untuk berkuasa kembali di Indonesia sangat jelas terlihat ketika mereka melancarkan agresi militernya yang kedua pada tanggal 19 Desember 1948.

Dalam agresinya tersebut, Belanda berhasil menguasai Yogyakarta dan menangkap Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta. Dalam kondisi darurat ini, Dinas Telegrap sebagai salah satu Jawatan dalam Departemen Perhubungan berhasil menjalankan tugasnya yang sangat berdampak penting bagi kelangsungan tegaknya Indonesia saat itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, tepatnya pada tahun 1987 berdirilah Dinas Lalu Lintas dan Angkatan Jalan (DLLAJ). Selanjutnya pada tahun 2004 sesuai dengan Peraturan Gubernur Tentang Rincian Tugas Dan Fungsi Dinas Perhubungan pada tahun 2004, DLLAJ berganti nama menjadi Dinas Perhubungan.

Pada tahun 2008, Dinas Perhubungan bergabung dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (bidang Pemberdayaan Masyarakat Informasi dan bidang Layanan Teknologi Manajemen Informatika) serta UPTD Plaza Informasi. Dinas Komunikasi dan Informatika DIY memfasilitasi dua lembaga, yaitu Komisi Informasi Daerah (KID) dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID). Selanjutnya pada tahun 2015, Dinas Perhubungan DIY memutuskan berpisah dengan Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan peraturan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 59 Tahun 2015 tentang Rincian Tugas dan Fungsi Dinas Perhubungan.

Seiring dengan dinamika perkembangan serta adanya penataan kelembagaan baru Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, struktur dan ketugasan Dinas perhubungan DIY juga mengalami penyesuaian, sesuai dengan Perda Istimewa DIY Nomor 1 Tahun 2018. Dishub memiliki Unit Pelayanan Terpadu baru yaitu Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran atau disingkat BPTPAR.Dasar Hukum Dinas Perhubungan DIY dari tahun 2004 sampai dengan 2018 tertera dibawah ini.

  • PERATURAN DAERAH PROPINSI¬† DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 16 TAHUN 1987 TENTANG PEMBENTUKAN, ORGANISASI DAN TATA KERJA CABANG DINAS LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN RAYA PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
  • PERATURAN DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 3 TAHUN 2004 TENTANG PEMBENTUKAN DAN ORGANISASI DINAS DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
  • PERATURAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 40 2008 TENTANG RINCIAN TUGAS DAN FUNGSI DINAS DAN UNIT PELAKSANA TEKNIS PADA DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  • PERATURAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 59 TAHUN 2015 TENTANG RINCIAN TUGAS DAN FUNGSI DINAS PERHUBUNGAN
  • PERATURAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 64 TAHUN 2018 TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS, FUNGSI, DAN TATA KERJA DINAS PERHUBUNGAN
  • PERATURAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 94 TAHUN 2018 TENTANG PEMBENTUKAN,¬†SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS, FUNGSI, DAN TATA KERJA UNIT PELAKSANA TEKNIS PADA DINAS PERHUBUNGAN

Visi dan Misi Dishub D.I. Yogyakarta

Visi
Mengacu pada Visi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu :
"Terwujudnya Peningkatan Kemuliaan Martabat Manusia Jogja"
Misi
Sasaran
© 2023 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.