Program Mudik Gratis ke Yogyakarta dari Kementrian Perhubungan dan Jasa Raharja

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kementrian Perhubungan dan Jasa Raharja tahun ini kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi para pemudik yang kampung halamannya berada di Yogyakarta.

Mudik gratis ini merupakan agenda tahunan bagi para pemudik yang tidak kebagian tiket angkutan lebaran.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY, Hari Agus Triyono mengatakan, mudik gratis diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan dan Jasa Raharja.

Untuk mudik gratis dari Kementrian Perhubungan akan memberangkatkan pemudik dari Jakarta ke Yogyakarta mulai tanggal 21-22 Juni 2017 dan arus balik ke Jakarta tanggal 30 Juni 2017 dan 1 Juli 2017.

Selain itu, ia menambahkan pemberangkatan memang berlangsung selama dua hari, tanggal 21 Juni 2017 akan diberangkatkan truk yang mengangkut sepeda motor para pemudik. Begitu pula untuk arus balik ke Jakarta dimulai tanggal 30 Juni 2017 dengan truk yang didahulukan.

"Bis sebanyak 23 unit disiapkan Kemenhub dengan kapasitas sebanyak 1030 penumpang dan 9 truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik dengan tujuan Terminal Giwangan. Orang nya naik bis, motornya dinaikkan ke truk, mengapa truk dulu? Karena kecepatan truk lebih lambat dsri bis dan biar datangnya bersamaan sehingga pemudik bisa langsung menggunakan motornya untuk ke tempat berikutnya," katanya.

Sambung Agus, program mudik gratis ini sudah memasuki tahun keempat bagi Kementrian Perhubungan dan 9 kali oleh Jasa Raharja. Ia mengharap mudik gratis ini akan terus berlangsung setiap tahunnya.

Jasa Raharja turut menyelenggarakan mudik gratis dengan menyediakan 40 bus yang akan berangkat dari Taman Mini Indonesia Indah pada 19 Juni 2017 dengan tujuann Terminal Giwangan dan Terminal Dhaksinarga pada 20 Juni 2017.

"Selain dari Jakarta, Jasa Raharja juga menyediakan mudik gratis menggunakan bis dari Surabaya ke Jogja yang berangkat tanggal 21 Juni 2017. 20 bis disiapkan Jasa Raharja dan diperkirakan sampai ke Jogja di hari yang sama dengan tujuan Terminal Giwangan dan Terminal Dhaksinarga," jelasnya.

Agus menambahkan, dengan program ini pihaknya berharap dapat membantu penghematan para pemudik dengan memanfaatkan mudik gratis ini. Mudik gratis ini dilakukan juga sebagai proses pengurangan penggunaan sepeda motor oleh para pemudik.

"Karena banyak yang pakai motor dan dipasangi tiang penyangga untuk bawa oleh-oleh dan barang, itu beresiko dan fisik pemotor terkuras juga. Dengan mudik gratis kan tinggal duduk tidak capek, selamat sampai tujuan, dan bisa optimal saat silaturahmi," pungkasnya.

Sumber : jogja.tribunnews.com


© 2019 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.