Pemeriksaan Uji Emisi Karbon di Perkotaan DIY

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Selasa (22/11) telah dilaksanakan Pemeriksaan Emisi Karbon Perkotaan DIY hari pertama. Kegiatan ini berlangsung hingga Kamis (24/11).

Bertempat di Lapangan Parkir Bandara Adisutjipto, kegiatan pengambilan sampel dalam rangka pengukuran emisi gas buang kendaraan bermotor berbahan bakar fosil yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY (DLHK DIY) ini dimulai pada pukul 08.30 – selesai.

Pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor bertujuan untuk mengetahui kadar karbon yang dihasilkan dari sektor transportasi. Kegiatan ini menjadi rangkaian penyusunan kajian pengurangan gas karbon di DIY sehingga di tahun yang akan datang dapat diketahui langkah yang tepat untuk mengatasi polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor di DIY.

Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Angkutan ini dilangsungkan untuk mengantisipasi meningkatnya pemanasan global / global warming dan efek gas rumah kaca melalui pengurangan emisi gas karbon.

Menurut data, gas karbon berasal dari 3 sumber utama yaitu kendaraan, industri, dan rumah tangga. Kurang lebih 80% atau 2/3 penyumbang gas karbon berasal dari kendaraan, oleh karena itu dibutuhkan pengecekan emisi gas buang.


© 2024 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.