Begini Penjelasan Dinas Perhubungan DIY Soal Bus Trans Jogja Berhenti Beroperasi

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

"Kalau bus yang lewat Malioboro memang masih banyak penumpang. Dan pertimbangan kami jalur 1 sampai 11 itu ada yang melintas ke Malioboro," papar dia.

Made melanjutkan, presentase tingkat penurunan mobilitas masyarakat di DIY yang dipantau via kamera pangawas di beberapa simpang jalan, hingga kini sudah mencapai 30 persen lebih.

"Kami mantau dari sisi traffic. Kami melihat panjang antrean kendaraan di simpang-simpang penyekatan, dan yang tidak. Itu dari data kami sudah 30 persen ke atas," ungkapnya.

Melihat data yang ada, Made menjelaskan sebenarnya masyarakat sudah mulai banyak yang patuh terhadap kebijakan pemerintah. 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Anindya Mitra International (AMI) Dyah Puspitasari selaku perusahaan yang mengatur operasional bus Trans Jogja, Diah Puspitasari mengatakan, untuk saat ini bus Trans Jogja relaksasi untuk sementara waktu karena ada perintah dari Dinas Perhubungan (Dishub) DIY terkait beban manajemen dan untuk upaya menekan laju penyebaran Covid-19

"Bukan beberapa, memang seluruh bus Trans Jogja kami relaksasi dulu. Karena ada perintah dari Dishub mulai hari ini 18 Juli sampai berakhirnya PPKM Darurat," katanya, saat dikonfirmasi Tribun Jogja, Minggu (18/7/2021).

Ia menjelaskan, semua rute bus Trans Jogja yang dikelola oleh PT AMI dihentikan operasionalnya.

Namun untuk bus Trans Jogja berlogo (Teman Bus Jogja) yang dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum dilakukan relaksasi.

"Semua rute dihentikan. Jadi bus Trans Jogja itu kan ada yang perkotaan, dan ada yang Teman Bus itu di pinggiran. Untuk bus Trans Jogja tidak beroperasi semua," terang dia. (Hda)

Sumber : tribunjogja.com


© 2024 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.