Resmi Beroperasinya Rute Baru Trans Jogja Malioboro-Palbapang

Rute baru Trans Jogja Palbapang-Malioboro telah resmi diluncurkan di Terminal Palbapang Bantul, Kamis (03/09/2022). Peresmian rute baru Palbapang-Malioboro ini dihadiri diantaranya oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Wakil Ketua DPRD DIY, Bupati dan Kapolres Bantul beserta Dirjen Angkutan Jalan dari Kementrian Perhubungan, dan Kepala Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peluncuran rute baru Trans Jogja ini diawali dengan pembacaan sambutan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X oleh Wakil Gubernur DIY. Dilanjutkan dengan prosesi pemotongan untaian bunga dan pemecahan kendi sebagai simbol keberkahan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X.

Dalam launching rute baru ini, turut dipromosikan dua pilihan mode pembayaran baru melalui Kartu Khusus Pelajar dan Kartu Berlangganan oleh KGPAA Pakualam X. Dimana dengan dua kartu ini, pengguna Trans Jogja dapat memangkas biaya untuk menggunakan Fasilitas Trans Jogja.

Rute baru ini menjadi sebuah terobosan bahwa transportasi tidak dibatasi oleh wilayah. Dan dapat dilihat pada hari ini ketika wilayah luar kota Jogja dapat dijangkau dan dilayani oleh Trans Jogja, ungkap Dirjen Angkutan Jalan Kementrian Perhubungan.

Mengulangi apa yang terjadi 127 tahun lalu, dengan adanya rute ini diharapkan rekoneksi dua kawasan tersebut akan menunjang mobilitas masyarakat Kabupaten Bantul menuju pusat Kota Jogja dan sebaliknya. Hadirnya rute ini turut diandalkan untuk mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bantul.

Kepala Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta Ni Made Dwipanti Indrayanti menambahkan, akan ada 8 armada yang melayani rute ini dengan melalui beberapa halte titik pemberhentian. Dengan jam operasional yang akan dimulai pada pukul 05.30 WIB - 18.00 WIB. Rencana pemberlakuan skema gratis tarif bagi pelajar, lansia, dan penyandang disabilitas turut diungkapkan saat press conference oleh Kepala Dinas Perhubungan DIY saat launching rute baru di Terminal Palbapang Bantul


© 2022 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.