Perwakilan Anggota Kepolisian dan Korem Sampaikan Perkembangan dan Kendalanya dalam Rapat Koordinasi TIM Pelaksana Kegiatan Pengelolaan Terminal, Transfer Point, dan Perparkiran di DIY

Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi TIM Pelaksana Kegiatan Pengelolaan Terminal, Transfer Point, dan Perparkiran di DIY di Simpul Transportasi Bandara Adisutjipto Kamis (2/12/2021). Rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari anggota kepolisian dan Korem yang berada di kawasan yang dikelola oleh Balai PTPAR.

Tampak hadir Iptu Haryono dari Polsek Gondomanan, Iptu D. Sugiran dari Polsek Prambanan Sleman, Aiptu Wakijo dari Polsek Wates, Iptu Riki Heriyanto dari Polsek Gondomanan, Aiptu Fajar Ismaya dari Polsek Gamping Sleman, Iptu Suwardi dari Polsek Mantijeron, dan Kapten Rohmat dari Korem 072/Pmk yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan perkembangan dan kendala terminal dan kantong parkir.

Iptu Haryono dari Polsek Gondomanan menyampaikan bahwa dalam satu bulan terakhir situasi di TKP Beskalan sudah mulai ramai oleh pengunjung berkaitan dengan level PPKM di DIY yang mulai menurun. Mulai tahun 2022 tarif parkir di TKP Beskalan akan berubah menjadi tarif flat sebesar Rp 2.000,- untuk parkir motor. Perubahan tarif parkir tersebut diharapkan akan menjadi daya tarik untuk para pengunjung.

Sementara itu, Iptu D. Sugiran dari Polsek Prambanan Sleman melaporkan penertiban PKL di sekitar Simpul Transportasi Prambanan. “Beberapa waktu lalu pihak Balai PTPAR telah memperingatkan kepada pedagang kaki lima di sekitar Simpul Transportasi Prambanan untuk  tidak berjualan di kawasan tersebut karena alasan kebersihan dan ketertiban lokasi, namun sampai dengan saat ini masih terdapat PKL yang berjualan di kawasan Simpul Transportasi Prambanan. Kedepannya akan diberikan fasilitas dan ruang di dalam kawasan Simpul Transportasi Prambanan agar PKL dapat berjualan di dalam area dengan tertib.” ucap Iptu D. Sugiran.

Menurut Aiptu Wakijo dari Polsek Wates, situasi Terminal Wates aman, tertib, dan normal. Hingga saat ini, aktif melakukan pemeriksaan bus pariwisata di Terminal Wates setiap harinya.

Di sisi lain, Iptu Riki Heriyanto dari Polsek Gondomanan Yogyakarta menyampaikan bahwa Polsek Gondomanan siap menyambut operasi nataru yang akan segera dilaksanakan. Dia menyebutkan, “Pelaksanaan operasi lilin nataru yang akan dilaksanakan di Simpul Transportasi Bandara Adisujtipto masih menunggu kebijakan dari pemerintah. Nantinya jika terjadi penumpukan bus di Terminal Jombor, bus-bus akan diarahkan dahulu ke Simpul Transportasi Bandara Adisutjipto.”

Adapun laporan dari Aiptu Fajar Ismaya Polsek Gamping Sleman yang membahas penumpukan material kegiatan pembangunan selokan di depan Simpul Transportasi Gamping yang telah mengakibatkan terjadinya beberapa kecelakaan, yang salah satunya yaitu tergulingnya truk muatan. Aiptu Fajar Ismaya berharap kedepannya dilakukan pemasangan rambu-rambu lalu lintas di sisi selatan Simpul Transportasi Gamping agar tidak kembali terjadi kejadian serupa.

Iptu Suwardi dari Polsek Mantijeron menambahkan bahwa kegiatan di Pasar Pasty sudah pulih dan kembali seperti sedia kala. Untuk rencana kedepan Park and Ride Dongkelan akan diaktifkan kembali dan digunakan sebagai tempat transit bus untuk naik-turun penumpang agar tidak mengganggu lalu lintas di sekitar jalan raya.

Kapten Rohmat dari Korem 072/Pmk menutup rapat dengan saran jika terjadi perubahan tarif parkir kendaraan sebaiknya disertai dengan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjadi cyber pungli.


© 2023 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.