Peringatan dan Perayaan Harhubnas 2022 Berlangsung Meriah

JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) DIY menggelar peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022 di Gate Out Parkiran Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Sabtu (17/9).

Perayaan ini dihadiri oleh berbagai pihak yaitu DPRD DIY, Polda DIY, PT. KCI, PT. AMI, PT. Angkasa Pura I, PT. Jasa Raharja DIY, Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota, BPD DIY, masyarakat umum, dan berbagai mitra perhubungan lainnya. Acara dimulai dengan diadakannya upacara, Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti berperan sebagai inspektur upacara.

Kegiatan dilanjutkan dengan launching Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Tarif Pelajar, serta aplikasi Jogja Parkir (Jogkir) di atas panggung. Selanjutnya dilakukan penempelan stiker perizinan kepada salah satu armada taksi sebagai bentuk simbolis diluncurkannya stiker perizinan. Selain itu terdapat acara hiburan yang berlangsung meriah disertai dengan penampilan musik, penyerahan hadiah kepada para pemenang perlombaan, serta pembagian berbagai doorprize, dengan sepeda sebagai hadiah utama.

Harhubnas kali ini mengusung tema Bangkit Maju Bersama Menuju Mobilitas Berkelanjutan. Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, harapannya Harhubnas ini menjadi titik awal bagaimana pelayanan publik khususnya transportasi publik harus lebih ditingkatkan.

“Untuk dapat mengatasi kemacetan dan penanganan masalah lingkungan dapat dititikberatkan pada green dan smart sehingga dapat mendukung kondisi ekonomi masyarakat lebih baik lagi,” ucap Ni Made. Menurutnya, seharusnya masyarakat mulai sekarang sudah berpikir untuk hari esok yang lebih baik, dimulai dengan menghargai angkutan umum sebagai sarana transportasi yang mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana yang saat itu hadir juga menyambut baik peluncuran beberapa program untuk masyarakat dalam HUT Perhubungan.

“Contohnya tarif khusus 60 rupiah untuk pelajar di Trans Jogja. Hal ini akan memudahkan pelajar naik trans karena murah. Harapannya mengurangi naik motor, banyak anak-anak belum cukup usia naik motor hingga bahaya, sampai klitih juga rawan,” ucapnya. Huda juga melihat program kartu akses KAI commuter dengan Trans Jogja sebagai gagasan menarik karena lebih efektif dan efisien.

Setelah rangkaian launching, acara dilanjutkan dengan acara hiburan panggung yang berisi penampilan musik oleh The Transporters Band, pembagian doorprize, serta penyerahan hadiah penghargaan kepada para pemenang rangkaian acara peringatan HARHUBNAS 2022. Pemberian hadiah penghargaan dimulai dengan Pelajar Pelopor, Abdi Yasa, Petugas Jogo Margo Terbaik, Badminton, hingga Sepak Bola. 


© 2022 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.