Penumpang Bus Terminal Jombor diberikan Fasilitas Rapid Tes Antigen Secara Gratis

Sejak hari Kamis, 20 Mei 2021 hingga hari Sabtu, 22 Mei 2021 Dinas Perhubungan DIY melaksanakan kegiatan tes rapid antigen yang bertempatkan di Terminal Jombor type B. Kegiatan rapid tes antigen ini dilakukan secara gratis guna untuk memfasilitasi penumpang baik yang datang ke DIY maupun berangkat dari DIY yang dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 WIB.

Penyelenggaraan Rapid Antigen Gratis di Terminal Jombor

Berdasarkan kondisi di lapangan, penumpang maupun kru bis sangat antusias dalam mengikuti rapid tes antigen secara gratis ini.  Dinas Perhubungan DIY yang mendapat bantuan dari BPTD Jawa Tengah – DIY diberikan kuota 100 rapid tes antigen yang disalurkan di Terminal Jombor yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sleman dan Puskesmas Mlati.

Bilik Pendaftaran Rapid Antigen di Terminal Jombor

Bilik penyelenggaraan rapid tes antigen sangat strategis dan terlihat dari segi mana saja. Hasil tes bisa diterima dalam waktu 30 menit setelah tes dilaksanakan. Apabila hasil tes yang diterima positif, maka tidak diizinkan melakukan perjalanan dan disampaikan ke Dinas Kesehatan terdekat. Protokol kesehatan yang diterapkan sangat ketat, seperti harus mencucui tangan terlebih dahulu, pengecekan suhu badan, dan wajib menggunakan masker. 

Tindakan Rapid Tes Antigen

 "Kalau penumpang di stop secara tanggal mungkin masih bisa ngakali sehingga harus ada pemeriksaan  kayak gini untuk mengantisipasi melonjaknya penumpang" kata Ovi penumpang bis di Terminal Jombor.

Saat ini suasana Terminal Jombor sudah ramai. Penumpang rata-rata masih dalam pemesanan tiket karena keberangkatan dari terminal jombor kebanyakan siang dan sore.

"Beberapa penumpang diarahkan kesini untuk melaksanakan rapid antigen. Saya kalau melakukan perjalanan sering pakai bis, soalnya kalau pakai bis alokasi waktu untuk sampai di tempat tujuan saya relatif lebih cepat. Sedangkan kalau pakai pesawat harus ngantri dan lama nunggu transit. Bis jaman sekarang sudah nyaman dibandingkan dengan jaman dulu, sehingga kalau melakukan perjalanan jauh tidak terlalu terasa capek" tegas Ovi penumpang bis di Terminal Jombor.


© 2021 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.