Pemilihan Abdi Yasa Tingkat DIY Tahun 2021

Pemerintah selaku otoritas sektor publik, termasuk salah satunya adalah transportasi, memiliki peran untuk menempatkan profesi awak kendaraan angkutan umum berada pada posisi yang sejajar dan terhormat dengan profesi lainnya.

Penghormatan ini penting karena para awak kendaraan angkutan umum bertugas mengantarkan para penumpang dengan selamat sampai tujuan. Keselamatan penumpang tentunya membuat mereka merasa aman sehingga mereka juga dapat berkontribusi menunjang dinamika pereknomian sehingga penting kiranya untuk memberikan motivasi serta penghargaan kepada awak kendaraan angkutan umum yang telah ikut berperan serta dalam meningkatkan keselamatan dan pelayanan jasa angkutan umum yang lebih optimal di jalan, Bentuk apresiasi Dinas Perhubungan DIY kepada awak kendaraan angkutan umum diwujudkan melalui pemilihan nominasi penghargaan Abdi Yasa kepada para pengemudi angkutan umum.

Pelaksanaan pemilihan Abdi Yasa tingkat DIY dilakukan tanggal 25 sampai dengan 27 Agustus 2021 di aula Dinas Perhubungan DIY. Pesertanya adalah perwakilan awak angkutan umum diwilayah DIY sejumlah 19 orang, baik untuk angkutan perkotaan, AKDP/AKAP, angkutan pariwisata, dan perwakilan angkutan sewa khusus.

Metode pelaksanaan pemilihan dilakukan dengan metode ceramah, simulasi, team building dan serangkaian test tertulis kepada para peserta kru/awak kendaraan angkutan umum.  Materi yang diberikan antara lain “Tata Cara Berlalu Lintas” dengan narasumber dari Ditlantas Polda DIY, “Pelayanan Awak Kendaraan Umum Untuk Mendukung Pariwisata” dengan naarsumber dari  Dinas Pariwisata DIY, dan “Keselamatan Angkutan Umum” dari  Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY.

Pada akhir penyelenggaraan, dilanjutkan dengan diskusi kelompok, tanya jawab dan post test. Hal tersebut dimaksud untuk mengetahui seberapa besar ilmu yang diserap selama mengikuti penyuluhan. Polanya  dengan memberikan soal-soal tertulis berkaitan dari materi  yang diberikan narasumber. Di hari terakhir kegiatan, dipilih 3 (tiga) peserta sebagai pemenang juara 1, 2, dan 3 dengan kriteria hasil penilaian berupa pretest, post test, dinamika kelompok yang ditentukan oleh juri. Penghargaan kepada para juara dalam bentuk plakat, sertifikat, dan uang tunai. Adapun nilai uang tunai yang diberikan kepada Juara 1 sebesar Rp 2.000.000; Juara 2 sebesar Rp 1.750.000; dan Juara 3 sebesar Rp 1.500.000.

Para pemenang periode ini sebagai berikut :

  • Juara 1 Maryanto dari PT. GeGe Transport
  • Juara 2 Lilik Ana Farida dari PT. Jogja Tugu Trans BTS
  • Juara 3 Ahmad Afandi dari Perum Damri

© 2021 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.