Manajemen Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Bandara YIA

Kulon Progo - Selasa (16/08) Dinas Perhubungan DIY melaksanakan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Bandara YIA pada pukul 09.30 WIB.

Kegiatan merupakan tindak lanjut dari hasil Forum Lalu Lintas dan survei lapangan terkait Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Simpang Bandara YIA, maka ditindaklanjuti dengan pemasangan water barrier.  MRLL dipimpin oleh Windiarti Dwi Lestari, S.SiT, M.Si selaku Kepala Seksi (Kasi) Manajemen Lalu Lintas Bidang Lalu Lintas Dishub DIY dan dihadiri oleh beberapa pihak bersangkutan yaitu Ditlantas Polda DIY, Kasatlantas Polres Kulon Progo, GM PT Angkasa Pura I YIA, Kepala Balai Besar PJN Jateng-DIY, Ka.BPTD Wilayah X Prov Jateng-DIY, Kapolres Kulon Progo, Dishub Kabupaten Kulon Progo, Kabid Dalops Dishub DIY, Kabid Keselamatan dan Teknologi Transportasi, Kasi Pengendalian Operasional Angkutan Dishub DIY, Kasi Manajemen Lalu Lintas, Kasi Rekayasa Lalu Lintas, dan Staf Bidang Lalu Lintas Dishub DIY.

Dalam kegiatan tersebut telah dibahas mengenai antisipasi kerawanan kecelakaan pada Simpang Bandara YIA, perlu dilakukan MRLL sebagai langkah awal sembari menunggu pelebaran jalan yang akan dilakukan PJN tahun 2023. Water barrier yang tersedia saat ini sebanyak 32 buah dan terdapat 4 traffic cone. Water barrier dipasang sebanyak 13 buah pada sisi barat pintu keluar, 6 unit di tengah antara pintu masuk dan pintu keluar serta 13 unit di timur pintu keluar. Sementara itu, traffic cone di pasang pada ujung-ujung water barrier. Setelah dipasang, kemudian water barrier diisi dengan air agar posisinya tidak bergeser.

Dari pembahasan tersebut, menghasilkan beberapa kesimpulan yaitu:

  1. Water barrier telah terpasang di Simpang Bandara YIA
  2. Lokasi pemasangan water barrier yaitu sebelum pintu masuk Bandara YIA kea rah timur sebanyak 13 buah dan ke arah barat sebanyak 13 buah dan dipasang ditengah-tengah pintu masuk dan keluar sebanyak 6 buah
  3. Senin, 22 Agustus akan dilakukan evaluasi dan peninjauan lapangan kembali.


© 2022 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.