Langkah Dishub DIY Jelang Malam Tahun Baru 2022

Menjelang tahun baru 2022, Dinas Perhubungan DIY mengambil langkah dengan memperketat screening bagi para pendatang atau wisatawan dari luar yang masuk wilayah DIY.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengungkapkan hal tersebut pada Podcast Ngobrolin Jogja yang disiarkan secara live di Youtube Humas Jogja pada Rabu (22/12) dengan tema Persiapan Pemda DIY Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Kami sudah mengaktifkan simpul-simpul transport seperti terminal dan stasiun sebagai bagian untuk men-screening pendatang. Upaya ini juga untuk mengetahui apakah para pendatang sudah vaksinasi atau belum. Kami sudah melakukan kegiatan ini dari mulai September 2021," katanya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan semua kendaraan yang masuk ke DIY wajib masuk ke titik checkpoint untuk mendapatkan stiker masuk Jogja. Dari wilayah timur titik lokasi ada di parkir Bandara Adisucipto, wilayah utara di Terminal Jombor, wilayah barat ada di Terminal Wates di tengah ada Terminal Giwangan dan di wilayah selatan ada Terminal Dhaksinaga dan Terminal Semin.

"Untuk tahun baru nanti buka tutup jalan tidak ada, tapi memang ada manajemen traffic yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian, khususnya di kota. Untuk kebijakan kendaraan ganjil-genap hanya berlaku di beberapa lokasi, misalnya di Sleman hanya untuk di Breksi dan Boko. Memang tidak semua karena keterbatasan petugas," tambahnya.

Bantul dan Gunungkidul rencananya juga akan melakukan kebijakan ganjil-genap di beberapa tempat, sedangkan Kulon Progo tidak akan memberlakukannya. Untuk semua alun-alun di wilayah DIY, ditutup atau tidak dibuka untuk perayaan tahun baru. "Kami sudah meminta agar kabupaten/kota untuk menginfokan kepada masyarakat soal kebijakan-kebijakan yang mereka ambil dari jauh-jauh hari, terkait libur Natal dan tahun baru ini," ujarnya.


© 2022 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.