Kepala Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta Menghadiri Peresmian Gelar Karya Penerima Anugerah Kebudayaan Yogyakarta

Kepala Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T.,M.T. menghadiri kegiatan Peresmian Gelar Karya untuk Malioboro Street Art sebagai Gelar Karya Penerima Anugerah Kebudayaan Yogyakarta pada Senin 28 Maret 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan yang bertempat di jalan Malioboro ini mengangkat tema ‘Transportasi’. Transportasi diangkat menjadi tema searah dengan arah pembangunan yang dilihat pertama kali di Malioboro, ialah transportasi. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Dana Keistimewaan dan diselenggarakan sesuai dengan standar protokol kesehatan.

  

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta Dian Lakshmi Pratiwi, S.S.,M.A. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan terdiri dari dua bentuk. Pertama ialah pembuatan karya seni di lorong depan toko (tempat PKL dulu) berupa pemasangan karya seni sebagai elemen arsitektur dengan bahan semi permanen. Kedua berupa pembuatan karya seni pedestrian berupa seni instalasi yang menggambarkan tema transportasi becak sebagai bagian dari tribute to becak kayuh.

 

“Pada akhirnya kami berharap, Street Art Malioboro akan menambah pesona daya tarik bagi sektor junjungan wisata Jogja sekaligus menjembatani program-program yang akan dilakukan untuk pengelolaan Malioboro. Pemasangan semi instalasi juga diharapkan akan menambah citra penyampaian dan makna Malioboro sebagai ruang transportatif bagi semua orang yang datang, berdialektika dengan kearifan lokal Yogyakarta yang ditawarkan oleh Malioboro” kata Dian.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan dilanjutkan tarian persembahan serta diakhiri dengan penampilan pembacaan puisi “Khutbah di atas Becak” oleh Joko Pinurbo.


© 2022 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.