Dinas Perhubungan DIY Sosialisasikan Transportasi Umum ke Pelajar

Dinas Perhubungan (Dishub) DIY mengunjungi SMP Negeri 4 Pakem, Sleman untuk melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan fasilitas angkutan umum pada 20 Juli 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan membangun kesadaran pelajar akan manfaat transportasi angkutan umum. Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub DIY Sumariyoto berharap melalui sosialisasi ini pelajar dapat memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan dengan bijak, sebab kapasitas jalan terbatas dan angka pertumbuhan jumlah kendaraan terus bertambah.
“Kami mengedukasi ke pelajar bahwa tidak selamanya mobilisasi harus menggunakan kendaraan pribadi, respon para siswa juga luar biasa,” jelasnya.


Rangkaian kegiatan ini tidak dilakukan secara monoton, para pelajar diajak ke halte Trans Jogja untuk mengenalkan lebih lanjut dan mencoba angkutan umum tersebut.
Dishub DIY telah meningkatkan fasilitas angkutan umum dibandingkan tahun sebelumnya. Saat ini ditawarkan pengalaman intergrasi moda melalui Trans Jogja dan KRL. Tawaran lain yang diberikan yaitu kemudahan dalam pembayaran melalui cashless sebagai salah satu tugas program pemerintah.
Edukasi penggunaan cashless dalam bentuk kartu diberikan agar para pelajar lebih familiar dalam menggunakannya


Sumariyoto menjelaskan untuk ketentuan tarif khusus pelajar saat ini tengah dibahas, rencana tarif yang ditetapkan adalah Satu Rupiah. Pemberian nominal tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa tanggungjawab kepada pelajar.
“Dishub DIY juga akan merancang dan memperhatikan keselamatan pelajar agar tidak terjadi kerawanan di jalan,” ungkapnya.
Masyarakat umum juga diharapkan dapat memanfaatkan Trans Jogja dan menggunakan kendaraan pribadi seperlunya saja.
Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara pararel selama tiga hari. Setelah di SMPN 4 Pakem, selanjutnya akan dilaksanakan di SMPN Depok dan SMPN 2 Ngaglik pada hari Kamis – Jumat, 20-21 Juli 2022.


© 2022 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.