Penghargaan WTNW pada Dishub DIY

Yogyakarta-Wahana Tata Nugraha adalah piagam atau piala yang diberikan kepada kabupaten kota yang memiliki progress dalam penanganan transportasi.

Prosesnya yakni melalui penilaian dari tim pusat, lalu kunjungan lapangan ke daerah masing-masing yang diusulkan oleh provinsi di seluruh Indonesia dan dilakukan penilaian-penilaian, yang mana dirasa oleh pemerintah pusat layak untuk mendapatkan piala.  

Provinsi DIY mendapatkan WTNW (Wahana Tata Nugraha Wiratama) yang mana ini adalah penghargaan untuk wilayah provinsi. Karena DIY sudah ikut menyertakan 5 peserta (Kabupaten). Pada penilaian tahap administrasi dan lapangan kabupaten-kabupaten tersebut lolos. Hanya dalam penentuan WTN nya mereka tidak dapat, yang dapat hanya Kota Jogja. Karena DIY ini sudah bertutrut-turut dalam beberapa tahun mendapatkan piala penghargaan, maka berhak mendapatkan piala WTNW.

Penyerahan diserahkan pada bulan September,  yang diserahkan langsung oleh mentri perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada para gubernur, hanya yang di jogja diwakili oleh kepala Dinas Perhubungan diy. Kemudian yang di Kota Yogyakarta juga diwakilkan oleh kepala Dinas perhubungan Kota Yogyakarta.

Penghargaan ini skemanya 2 tahun sekali, jadi sistemnya pada tahun ini penilaian dan tahun depan penyerahan tahapan-tahapan lombanya. Pertama penyerahan administrasi, administrasi setiap kabupaten kota mengirimkan file-file atau bahan yang harus dinilai oleh BPTD (Badan Pengelolaan Transportasi Darat). Jadi mereka sudah menyediakan form kemudian disebar dikabupaten kota untuk diisi form tersebut.

Setelah diisi dikirim ke panitia pusat yang nanti akan mencoba memverifikasi atau menilai dari administrasinya terlebih dulu. Setelah dinyatakan lolos administrasi maka selanjutnya penilaian lapangan. Penilaian lapangan sebenarnya dilakukan dengan cara tim pusat datang ke kabupaten kota yang dituju tapi tanpa sepengetahuan, karena harapannya agar penilaian itu murni tanpa interfensi dari kabupaten kota.(dishubdiy)


© 2019 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.