Menhub Puas dan Apresiasi Masyarakat Karena Waktu Tempuh Atlet Asian Games Penuhi Target

JAKARTA - Sampai hari ke empat penyelenggaraan Asian Games 2018 Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai waktu tempuh mobilisasi atlet dari Wisma Atlet Kemayoran ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) berjalan sesuai target waktu.

Untuk itu Menhub mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 tidak terkecuali masyarakat luas. Hal ini disampaikan Menhub usai meninjau dan mencoba langsung bus dari Wisma Atlet Kemayoran ke Stadion Utama GBK, Rabu (22/8).

“Saya juga memastikan bahwa bus, kendaraan yang kita siapkan berjalan dengan baik, instansi terkait mempersiapkan itu, masyarakat luas juga telah mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018, saya mengapresiasi hal itu. Menurut catatan waktu yg ditetapkan panitia bisa dipenuhi jadi tidak ada satu hal yang kurang,” kata Menhub Budi.

Dengan capaian ini karenanya Menhub menyebut rencana penutupan beberapa ruas tol di Jakarta urung dilakukan termasuk pemberlakuan ganjil-genap sejumlah ruas jalan juga telah dibatalkan.

“Satu hal dalam hal melakukan suatu kendali lalu lintas ini kami juga tidak sewenang-wenang, terbukti bahwa kami melakukan beberapa hal pengurangan, jalan tol yang semula ditutup semuanya, semula ada 11 atau 7 (pintu tol) kita putuskan tidak ada yang ditutup,” ucap Menhub.

Selanjutnya dijelaskan Menhub pihaknya saat ini akan melakukan evaluasi mengenai pemberlakuan ganjil-genap pada hari Minggu di Jakarta. Jika dimungkinkan Menhub menyebut khusus hari Minggu kebijakan ganjil-genap di Jakarta selama Asian Games ini tidak berlaku lagi.

Akan tetapi nantinya Menhub menyerahkan keputusan akhir ke tangan panitia dalam hal ini Inasgoc yang memahami kebutuhan para atlet.

Senada dengan Menhub, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan waktu tempuh mobilisasi atlet dari Wisma Atlet Kemayoran ke tempat pertandingan di Stadion GBK dan kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih sesuai target yaitu 30 menit.

“Ini alhamdulillah perjalanan atlet sampai dengan saat ini semuanya bisa mencapai di bawah 30 menit. Hanya ada yang di Cibubur dan Taman Mini Indonesia Indah itu juga masih di bawah 34 menit sebenarnya aturan dari OCA (Olympic Council of Asia) kan 34 menit, kita itu lebih 30 menit, tapi di bawah itu. Jadi seumpama nanti ada kelebihan tapi masih di bawah ketentuan yang telah ditetapkan,” ungkap Andri.

Menurutnya hal ini tidak lepas dari dukungan masyarakat yang turut mendukung kelancaran perhelatan Asian Games 2018 dengan tidak terlalu banyak melakukan perjalanan keluar rumah dan memilih angkutan umum sebagai kendaraan untuk bepergian. (GD/TH/RK/BI)


Sumber : dephub.go.id


© 2018 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.