Becak, Andong hingga Otopad, Angkutan Berbasis Online Siap Menjejali Malioboro

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Perhubungan (Dishub) DIY menyiapkan angkutan non-motor di kawasan Malioboro yang dikonsep secara modern. Dalam pengembangan ini, Dishub DIY menggandeng operator angkutan online, Grab. 

Kepala Dishub DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan saat ini Dishub menyiapkan becak listrik yang diharapkan menjadi alternatif transportasi di kawasan Malioboro. Penggunaan becak listrik ini nantinya diharapkan dapat dipesan secara online. "Gubernur sudah mengirim surat terkait izin becak listrik ke kementerian perhubungan," katanya di Kepatihan, Kamis (22/8/2019).

Unit becak listrik sendiri, kata Sigit, sudah disiapkan. Dua unit dari Grab, dua unit dari Bank BPD DIY dan Dishub dengan empat unit. Total delapan unit yang disiapkan untuk operasional becak listrik ini. "Becak listrik ini menjadi langkah awal upaya kami untuk mengganti becak motor (bentor)," katanya.

Selain itu, Dishub menggandeng operator Grab untuk mengoperasikan Andong Grab. Ada sekitar 30 Andong Grab yang disiapkan. Untuk memanfaatkan Andong Grab pengguna harus mengakses melalui aplikasi Grab. "Setelah itu, kami berharap aplikasi ini bisa diterapkan di Becak listrik," katanya. 

Teranyar, kata Sigit, Grab menawarkan alternatif transportasi lainnya seperti Otopad. Untuk sementara, baru ada dua ortopad yang disumbangkan Grab untuk Pemda DIY. Rencananya, Otopad atau skuter elektrik tersebut akan disimpan dulu di UPT Malioboro. "Otopad ini untuk melengkapi sarana transportasi lainnya yang sudah ada seperti sepeda (JogjaBike) yang juga dipesan secara online," katanya.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menemui rombongan dari Grab ikut menjajal Otopad tersebut. Didampingi Sigit, Sultan mencoba menaiki Otopad tersebut di halaman Kepatihan. 

Sultan berharap agar kerjasama dengan Grab tidak hanya melulu dalam konteks sarana transportasi. Menurut Sultan, kerja sama bisa dilakukan juga dengan melakukan pemberdayaan masyarakat. Khususnya UMKM yang selama ini menjadi mitra kerja Grab. "Misalnya soal makanan (GrabFood). Bagaimana bisa Grab meningkatkan rasa makanan, melatih mitra agar meningkatkan pelayanan. Itu juga sangat bermanfaat," katanya.

Sumber : https://jogjapolitan.harianjogja.com


© 2019 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.