Proyek KRL Jogja-Solo, Menhub Siapkan Rp 1 T

Oleh Dishubdiy

JawaPos.com - Pembangunan proyek kereta rel listrik (KRL) rute Jogja-Solo sudah di depan mata. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahkan sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk merealisasikan proyek tersebut.

Hal ini sebagaimana disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi di sela-sela kunjungan kerjanya di Stasiun Balapan Solo, Minggu (1/4). 

Pada kesempatan tersebut, Budi menambahkan, proyek KRL akan mulai dikerjakan tahun ini. Tetapi, Budi tidak menjelaskan secara detail bulan apa pengerjaannya.

"Tahun ini akan mulai dikerjakan, nanti pengerjaannya akan dilakukan dengan multi years atau tahun jamak," ungkapnya kepada JawaPos.com

Saat ini sejumlah persiapan juga sudah dilakukan untuk proyek tersebut. Budi berharap dengan adanya KRL nantinya, penumpang yang selama ini menggunakan kereta Prambanan Ekspres (Prameks) bisa menggunakan KRL.

Mengingat, tingkat okupansi kereta Prameks semakin hari juga semakin banyak. Sehingga, banyak penumpang yang tidak mendapatkan kursi di Prameks. 

"Untuk jumlah penumpang untuk KRL akan lebih banyak dibandingkan dengan Prameks, jadi masyarakat bisa beralih menggunakan KRL," katanya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga mendorong Kemenhub untuk segera merealisasikan proyek KRL. Mengingat, selama ini antusiasme masyarakat menyambut kehadiran cukup tinggi.

"Banyak masyarakat yang menunggu dan menanyakan proyek KRL, mereka menyampaikannya melalui media sosial," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop VI Jogjakarta, Eko Budianto.

 

Sumber : www.jawapos.com