Penyerahan Hadiah Bagi Pemenang Lomba Desain Angkutan Tradisional Becak Tahun 2017

Oleh Dishubdiy

Untuk melestarikan becak kayuh sebagai moda transportasi tradisional dan sebagai ikon pariwisata DIY dan sesuai dengan Perda No.5 th 2016, maka Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Desain Angkutan Moda Transportasi Tradisonal Becak 2017. Kegiatan dilaksanakan dengan berbagai tahapan selama kerang lebih 3 (tiga) bulan, dengan garis besar kegiatan adalah:

  1. Sosialisasi dan publikasi
  2. Rapat dan FGD
  3. Pengumuman pemenang dan seremonial penyerahan hadiah

Melalui rangkaian proses tersebut, didapat jumlah karya desain sebanyak 190 karya yang diterima panitia dan dianggap sah. Dari jumlah tersebut peserta bukan hanya dari DIY saja melainkan juga dari daerah lain seperti dari Sumatera, Kalimantan, Bali dan kota-kota lainnya. Untuk tahapan pendaftaran dan penjurian adalah sebagai berikut :

  1. Tahap Pendaftaran dan Pengumpulan Karya dari tanggal 13 Maret s/d 1 Mei 2017.
  2. Penjurian Tahap I, yang dilaksanakan tanggal 10 Mei 2017 di Dinas Perhubungan DIY. Dewan Juri memilih 15 nominasi karya desain terbaik.
  3. Penjurian Tahap II pada tanggal 13 Mei 2017 mengundang nominator untuk presentasi dan tanya jawab dihadapan Dewan Juri, yang menghasilkan 6 nominasi karya desain terbaik.
  4. Presentasi 6 nominasi karya desain terbaik dihadapan Sekretaris Daerah DIY pada tanggal 18 Mei 2017.
  5. Tahap Pemilihan Karya Desain Terbaik dengan menentukan urutan Juara 1 hingga Harapan 3 oleh Gubernur DIY pada tanggal 29 Mei 2017.
  6. Terakhir adalah pelaksanaan seremonial penyerahan hadiah Lomba Desain Becak Jogja Istimewa 2017 pada tanggal 5 Juni 2017.

Dalam melaksanakan lomba desain berskala nasional yang berkelas, tentunya dibutuhkan Dewan Juri yang berbobot serta mempunyai kapasitas dan integritas yang tidak diragukan. Untuk itu telah turut serta dalam proses ini Dewan Juri yang terdiri atas nama:

  1. Dr. Sumaryono, M.A.                         : anggota Dewan Kebudayaan DIY
  2. Dwi Wardhani Nareswari, S.Sn.         : mewakili Dinas Kebudayaan DIY
  3. Dr. Sumbo Tinarbuko, M.Sn.             : pemerhati desain & pengajar komunikasi visual
  4. Indra Tranggono                                : budayawan, penulis dan sastrawan
  5. Arief Budiman                                    : Ketua P3I DIY, Direktur Petak Umpet Creative Boutique (merangkap Ketua Dewan Juri)

Dari hasil penjurian, maka didapat hasil  peringkat 1 s/d 6 berdasar total skor dari seluruh anggota Dewan Juri, sebagai berikut:

Selain 6 Besar Pemenang, Dinas Perhubungan DIY juga memberikan apresiasi kepada para nominator yang karya desainnya masuk dalam 15 Besar. Mereka adalah:

  1. FARHAN FAQIH
  2. RIFQI KHAIRI MUSTAGHISTINA
  3. SABAR WIDADI
  4. ROBERTUS ADHI
  5. RUDI WINARSO, M.Sn
  6. TERRA BAJRAGHOSA
  7. AGUS ISTIANTO
  8. ADHIKA RAHMANI
  9. NURJIWO WIBISONO

 

Selain itu diberikan apresiasi kepada seorang pengemudi becak yang dengan penuh dedikasi turut mengirimkan karya desain. Hal ini sebagai contoh dan motivasi bagi perkembangan dan kelestarian becak Yogyakarta. Penghargaan ini diberikan kepada Bapak Sutopo.