Ini 9 Jalur Baru, Silakan Disimak

Oleh Dishubdiy

Sembilan jalur baru Trans Jogja sebagian besar masih menyasar kantong keramaian. Sejumlah rute sebagian besar mengarah ke barat dan tengah Kota Jogja.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan DIY, rute Trans Jogja, sembilan jalur tersebut antara lain jalur 5A, 5B, 6A, 6B, jalur 7, 8, 9, 10 dan jalur 11. Jalur 5 A dan 5B melewati jalan yang sama dengan titik start dan finish di Halte Terminal Jombor. Jalur 5A akan memulainya dari Jombor menuju ke selatan melewati Jalan Magelang. Bus harus lebih dahulu menyeberang ke barat arah Jalan Jambon untuk melewati halte tempat wisata Sindu Kusuma Edupark dan kembali lagi ke Jalan Magelang. Setibanya di simpang tiga Tegalrejo, kemudian berbelok ke timur arah Jalan Wolter Mongsidi, setibanya di simpang empat Jalan AM. Sangaji, Trans Jogja jalur 5A lurus menuju ke timur menuju Jalan DR. Sadjito. Kemudian Bundaran UGM, menuju Jalan Colombo, Jalan Gejayan ke selatan simpang tiga jalan Urip Sumoharjo berbelok ke timur menuju Jalan Solo. Setibanya di SPBU Pertamina, kemudian berbelok ke utara menuju Jalan Kledokan, melewati seturan hingga simpang empat UPN dan berbelok ke barat melewati Ringroad Utara singgah di Terminal Condongcatur. Rute selanjutnya terpotong di simpang empat Jalan Kaliurang berbelok ke selatan, setibanya di Simpang empat MM UGM lalu berbelok ke barat melalui Jalan Tenika Selatan. Kemudian Jembatan UGM, Jalan Monjali ke utara sampai di Ringroad Monjali ke arah barat kembali ke Halte Jombor.

Jalur 5B akan menempuh jalan sebaliknya dengan memulai dari Terminal Jombor kemudian langsung ke arah Ringroad Utara menuju Monjali dan mengakhiri perjalanan rutenya di Jalan Magelang.

Sedangkan jalur 6A akan melewati Halte Ngabean – Jalan Wahid Hasyim – Jalan Surowiyajan – Simpang empat belok ke barat Letjen S. Parman – Jalan Bugisan – SMKI Yogyakarta – Ringroad Selatan – Ringroad Barat – UMY – Simpang tiga Gamping ke barat – Jalan Wates – Pasar Gamping Park and Ride – kembali ke timur – Pasar Gamping – Pelem Gurih – Bayeman – Simpang Tiga Sonosewu – Jalan Sonosewu – Patangpuluhan – Letjen S. Parman – Wahid Hasyim – Ngabean. Untuk jalur 6B akan menempuh jalan yang dengan 6A tetapi berlawanan arah.

 

Jalur 7 melayani dalam ringroad yang menghubungkan antara kawasan padat Babarsari, Seturan menuju Terminal Giwangan. Adapun rutenya adalah, Terminan Giwangan – Jalan Imogiri Timur (dalam Ringroad) – Jalan Pramuka – Perintis Kemerdekaan – Veteran – Simpang Empat Warungboto – Jalan Ki Penjawi – Rejowinangun – Simpang Empat Gedongkuning – Jalan Wonosari – Ringroad Timur – Simpang Empat Blok O – Jalan Janti – Jalan Babarsari – Seturan – Jalan Kledokan – Jalan Solo – Jalan Janti. Kemudian kembali melewati Jalan Janti dengan jalur yang sama hingga kembali ke Terminal Giwangan.

Selain 5A, 5B, 6A dan 6B, jalur lain yang juga menyasar wilayah barat seperti Jalur 8 yang menyasar Ringroad Mlangi, Sleman dan Jalur 10 yang juga sampai di Jalan Wates, Gamping, Sleman. Sedangkan jalur 9 dan 10 juga lebih mengarah ke sisi barat Kota Jogja meski tidak sampai melewati ringroad.

sumber : http://www.solopos.com/2017/03/30/trans-jogja-ini-9-jalur-baru-silakan-disimak-806007