Dishub Kulonprogo Fokus Rawat APILL

Oleh Dishubdiy

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Perawatan dan pemeliharaan Alat Pengatur Lalu Lintas (APILL) menjadi fokus kegiatan Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo pada 2018 ini.

Adapun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, alokasi anggaran untuk pemeliharaan APILL dalam kegiatan Belanja Pemeliharaan Alat Pengatur Lalu Lintas dijatah Rp92,225 juta.

Nilai anggaran ini masih cukup kecil dan lebih rendah dari alokasi anggaran untuk pembangunan perlengkapan jalan yang dipatok dana Rp561,84 juta.

Kepala Dishub Kulonprogo, Nugroho mengakui bahwa alokasi anggaran itu masih jauh dari kata cukup.

Apalagi jika dibandingkan dengan perkembangan kepadatan dan aktivitas lalu lintas di Kulonprogo yang cenderung meningkat seignifikan.

Namun begitu, anggaran tersebut akan dioptimalkan penggunaannya.

"Kegiatan pemeliharaan akan menjadi bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas, dan meningkatkan ketertiban berlalu lintas," kata Nugroho, Minggu (1/4/2018).

Dijelaskannya, ada beberapa kebutuhan perlengkapan jalan yang belum terpenuhi seperti marka jalan, guard rail, rambu lalu lintas dan suku cadang penggantian peralatan yang rusak, usang, atau kurang berfungsi dengan baik.

Pihaknya meminta masyarakat turut memberikan informasi apabila terjadi kerusakan alat perlengkapan jalan dan memelihatanya.

Dengan begitu, fungsional alat tersebut tetap bermanfaat bagi pengguna jalan.

Kepala Bidang Lalulintas Dishub Kulonprogo, Hera Suwanto menuturkan, pihaknya menetapkan skala prioritas dalam pembangunan perlegkapan jalan karena terbatasnya anggaran yang dimiliki.

Untuk menekan angka kecelakaan, pihaknya juga melakukan manajemen rekayasa lalu lintas di titik rawan dan mendukung program penutupan perlintasan sebidang kereta api.(TRIBUNJOGJA.COM)



Sumber : jogja.tribunnews.com