Dishub Bantul antisipasi kemacetan jalur menuju perbukitan Mangunan

Oleh Dishubdiy

 

 

Bantul - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengantisipasi bus pariwisata berukuran besar naik perbukitan Mangunan Dlingo melalui Imogiri selama libur Idul Fitri 1438 Hijriah untuk mengatasi kemacetan.

"Terkait dengan antisipasi bus besar ke Mangunan saat libur Lebaran, kita sudah merintis subterminal bus wisata di bawah yang berkoordinasi dengan camat Imogiri," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Minggu.

Menurut dia, antisipasi bus pariwisata naik ke perbukitan Mangunan Dlingo yang kini terkenal dengan berbagai objek wisata itu untuk menghindari kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas di jalur Imogiri-Mangunan Dlingo.

Ia mengatakan, mengingat tidak jarang terjadi kecelakaan bus wisata yang mengangkut rombongan penumpang alami kecelakaan, seperti kecelakaan bus wisata menabrak tebing di sekitar jalur itu beberapa waktu lalu.

"Jadi nanti di sub terminal Imogiri akan menyetop bus besar untuk kita tahan di bawah, kemudian kita sediakan fasilitas transportasi, baik angkutan perdesaan (angkudes) maupun dari masyarakat Imogiri dan sekitarnya," katanya.

Aris mengatakan, untuk merealisasikan itu Dishub sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Camat Imogiri dan masyarakat sekitar serta pengusaha angkutan di Bantul sebab keberadaan mereka ikut membantu rencana itu.

"Kemarin komunikasi dengan pihak sana, dan ternyata pemilik angkutan dan warga masyarakat sudah siap dengan itu dan menyiapkan maunya seperti apa, yang diharapkan dari pemda mereka sudah siap," katanya.

Ia menjelaskan, rencana sub terminal bus pariwisata dekat Kecamatan Imogiri hanya sebagai solusi sementara dan apakah akan dilanjutkan masih mempertimbangkan status lahan terminal yang sampai saat ini belum dipastikan kejelasannya.

"Rencana itu sudah lama, tapi karena kita terganjal dengan status tanah, sehingga kalau kita perbaiki atau bangun kita juga salah. Tapi coba nanti kita cek dengan Camat Imogiri, apakah ada lahan," katanya.

(T.KR-HRI)

 

Sumber : http://jogja.antaranews.com