APILL Portabel Inovasi ITNY Lolos PIMNAS 2019

YOGYA, KRJOGJA. com - Alat Pengatur Isyarat Lalu Lintas (APILL) Portabel hasil karya inovasi Mahasiswa Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2019. Perangkat APILL Portabel ini merupakan hasil inovasi tim mahasiswa ITNY yang diketuai oleh Saiful Azis,dan beranggotakan Sembodo Rilo Pambudi dan Muhammad Irmasyah.

 

Inovasi yang didanai melalui skema Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemenristekdikti ini telah diujicobakan di simpang empat Selokan Mataram. Penggunaan APILL Portabel ini mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat luas. Apresiasi positif juga diterima oleh tim mahasiswa ITNY dari Dinas Perhubungan Provinsi DIY. 

"Inovasi ini merupakan bentuk sumbangsih ITNY terhadap perkembangan teknologi di bidang transportasi dan perhubungan," terang Drs. Rudhy Russanto, Kasi Teknologi Transportasi Dishub DIY. 

Dijelaskan oleh Asniar Aliyu, selaku dosen pendamping Tim Mahasiswa ITNY, Keunggulan perangkat APILL Portabel ini adalah penggunaan sensor kamera yang memungkinkan alat ini untuk mengatur lalu lintas secara otomatis. Di samping itu alat ini juga dirancang untuk dapat dioperasikan secara nirkabel. "APILL Portabel ini dirancang untuk dapat mudah dipindahkan apabila dibutuhkan," terang Asniar Aliyu.

Menurut  Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, MT,  lembaga pendidikan yang dahulu bernama STTNas dan sejak Desember tahun 2018 berganti nama menjadi ITNY ini terus banyak melakukan terobosan. Dan salah satu prestasi yang ditorehkan oleh tim mahasiswa ITNY kali ini dicapai berkat dukungan yang diberikan oleh civitas akademika di lingkungan ITNY. Suasana akademik dan kemahasiswaan di ITNY mendorong terciptanya iklim inovasi oleh seluruh civitas akademika ITNY.  

"Kampus ITNY senantiasa mencetak technopreneur muda, yang bermoral, tangguh, dan kreatif. Dari tahun ke tahun selalu ada karya inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa ITNY dan lolos ke PIMNAS," terang Rektor ITNY.(*)  

Sumber : krjogja.com


© 2019 Dinas Perhubungan D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.